Sate Dua Saudara Purwokerto, Gule Tulangnya Nikmat! Wajib Dicoba…

Siapa coba yang suka banget nyruput sumsum tulang?

Nah di Purwokerto ada tempat sate langganan yang juga menyediakan menu gule tulangnya nih. Kalau satenya sih tidak usah ditanya, Sate Dua Saudara ini memang sudah terkenal, dan biasa juga untuk langganan mobil plat merah. Karena dagingnya empuk juga enak, selain itu penyajian satenya juga pakai hot plate.

sate dua saudara

Seporsi sate kambing bisa kalian nikmati dengan harga Rp 35.000, sedangkan untuk gule atau gulai tulang (sumsum) per porsi harganya Rp 25.000 saja. Sate Dua Saudara ini sudah ada sejak tahun 1983 lho, dan sampai sekarang rasanya masih sama. Sekarang ini generasi kedua yang mengurus warung satenya.

sate hot plate - sate dua saudara

sate dua saudara purwokerto

gule sumsum tulang

Lokasinya tak jauh dari kota kok, kalau dari alun-alun Purwokerto bisa naik angkutan kota A1/A2 jurusan Karang Lewas. Bilang saja mau ke Sate Dua Saudara pasti tahu. Buat yang tidak suka ribet bisa langsung naik transportasi online. Yang bawa kendaraan sendiri, patokannya dari alun-alun ke barat arah Karang Lewas (barat), setelah SPBU Kalibogor sekita 100m kiri jalan.

sate dua saudara purwokerto - pelanggan

sate dua saudara - pelanggan

Untungnya siang itu pas ke sana masih ada tempat, biasanya kalau sedang ramai terpaksa deh dibungkus daripada menunggu orang yang sedang nyruput sumsum tulang 😀

Selain itu, Sate Dua Saudara juga menerima pesanan untuk acara kantor atau pernikahan, serta kambing untuk aqiqah anak. Jadi nih yang tidak mau repot boleh juga tuh pakai jasa tempat ini. Ngomong-ngomong, tempat ini deket dengan rumah saya… jangan lupa kalau mau ke sini ajak-ajak saya juga boleh 😛

Sate Dua Saudara Purwokerto
Jl. Kom. L. Yos Sudarso 4, Rejasari, Purwokerto Barat
Telp (0281) 630455
Buka : 09.00 - 21.00 wib
Iklan

Nongkrong Asyik Di X.O SUKI Signature Purwokerto

Untuk yang suka kuliner pasti tahu salah satu grup resto terkenal X.O SUKI. Resto ini mengawali bisnis kullinernya di Surabaya sejak tahun 2005. Menu andalannya seperti Suki, Chinese Cuisine, Grill, Dim Sum, BBQ, Yukitori, dan Sapo Rice. Nah pas buka cabang di Purwokerto senang juga nih, buat yang suka dengan masakan Jepang tidak perlu bingung lagi.

xo suki signature purwokerto

Apa itu Suki? Suki adalah sejenis hidangan yang terdiri dari kuah dalam panci yang dipanaskan di atas kompor yang sudah disediakan di atas meja, hidangan suki berupa rebusan irisan daging, sayur, dan tahu. Nah di X.O SUKI Signature ini pengunjung bebas memilih sajian sukinya, mau lebih banyak sayurannya, dagingnya atau tahunya terserah. Biasanya sudah dikemas dalam wadah kecil…

xo suki - resto jepang

xo suki - pilih menu

Untuk harga, bisa dilihat di warna tempatnya, kalau putih Rp 15.800, hijau Rp 18.800, kuning Rp 19.800, keranjang sayur Rp 13.800, yakitoki (sate) Rp 13.000 – Rp 60.000, nasi sapo Rp 30.000 – Rp 40.000, BBQ Rp 78.000 – Rp 210.000, nasi Rp 6.000, sedangkan kalau minuman Rp 10.800 – Rp 39.800. Masih cukup terjangkau di kantong kok 😉

X.O SUKI Signature Purwokerto ada di lantai dasar Rita Supermall, di bagian depan. Jadi kalau lewat pasti bakal terlihat karena berada di sebelah pintu masuk. Posisinya memang strategis buat kita yang hendak kongkow di mall, karena bisa melihat alun-alun yang ada di seberang jalan. Yang pasti restonya pun di desain menarik dan sangat instagramable banget deh 😛

xo suki signatur - purwokerto

kuliner di xo suki purwokerto

Kemarin bareng dengan Mba Pungky, kita nyobain beberapa macam nih seperti beef emoji, ayam brokoli, sushi leikan seafood, pangsit ayam, tofu sweet ayam, mie ikan, baso rumput laut, tofu ikan crabstick, tropical sunset, dan cappuccino choco float. Oh iya di setiap pancinya nanti ada dua macam kuah ; kuah kaldu ayam dan kuah Tomyam bagi yang suka pedas.

Jadi… suki yang sudah kita pilih, tinggal dimasukkan ke dalam kuah yang sudah mendidih. Tunggu hingga matang, baru deh disantap… Biar makin sedap kuah  bisa tambahin dengan bawang putih, dan kalau masih kurang pedas ada irisan cabai yang bisa ditambah lho… Kemarin kita sama-sama sepakat lebih suka yang pedas, kuahnya seger…

food blogger - xo suki signature purwokerto

Buat penggemar suki, X.O SUKI Signature wajib masuk daftar list kuliner kalian…

xo suki resto purwokerto

makan - xo suki purwokerto

Ada kabar baik nih dari X.O SUKI Signatur, sekarang sedang ada promo menarik untuk kalian.  Setiap pembelian minimal Rp 100.000 kalian bakal dapat cash back 50% dalam bentuk voucher yang bisa kalian gunakan untuk kunjungan berikutnya minimal transaksi Rp 150.000 sebelum tax dan service.

promo xo suki purwokerto

Follow IG @xosuki_purwokerto yes buat update promo terbaru dari X.O SUKI Signature…

 

X.O SUKI Signature Purwokerrto
Lantai dasar Rita Supermall Purwokerto
Telp 0281 7771398
Email xosukisignaturepwt@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

BuldaQ Korean BBQ Purwokerto

Demam Korea tidak hanya untuk film atau musiknya, makanannya pun sama. Dan tempat satu ini begitu muncul langsung banyak penggemarnya. Namanya BuldaQ Korean BBQ yang berada di lantai tiga Rita Supermall.

Didesain dengan mural khas Korea ini, pengujung bisa memilih tempat ada yang lesehan dan ada yang meja kursi. Menu-menu yang disediakan pun beraneka ragam, dari yang harga murah hingga mahal (bisa dimakan berkelompok).

geng kuliner ke buldaq bbq

Saya mencoba beberapa menu andalan di BuldaQ nih seperti Ramyeon Beef, Jikkotsal, Woosamgyeob, dan menu baru Chijeu Ribs… Biasa bawa teman alias geng kuliner, karena pasti tidak bakalan seru kalau makan sendirian yakaaannn… 🙂

menu di buldaq bbq

menu baru di buldaq

kuliner ke buldaq bbq purwokerto

buldaq bbq purwokerto

Maunya sih semua menu yang sudah dicoba saya share ke sini, tapi nanti kalian keburu ngiler… #eh. Tapi serius deh ternyata setiap ke sana BuldaQ Korean BBQ ini selalu saja ramai 😦 bahkan pernah menu yang diincer selalu saja sudah kehabisan (-__-,).

kuliner korean food

Buat yang masih bingung cara memasaknya, bisa lho meminta waiter atau waitress buat membantu memasaknya, jadi nanti tinggal hap hap hap saja….

korean food di purwokerto

Nah, kalian sudah cobain belum kuliner ala Korea di BuldaQ Korean BBQ? Ajak teman-teman biar seru yes… Kepoin juga instagramnya @buldaqq.bbq untuk info terbaru, siapa tahu ada promo menarik 😉

 

BuldaQ Korean BBQ
Lantai 1, Rita Supermall
Telp 0281 7773574
Line @buldaq
Web buldaq.com

 

Lombok Idjo Purwokerto

Sudah ada rencana mau makan di mana?
Siang ini saya mengajak salah satu teman (Vairus) untuk makan siang di Lombok Idjo, kebetulan teman saya ini hobi makan sambal yang pedas. Saya baru tahu kalau Lombok Idjo ini merupakan salah satu cabang yang ada di Semarang. Pantas saja nampak tidak asing dengan logonya 😀

Jujur saja yang saya suka dari tempat ini selain parkirnya luas, tempatnya bersih, ada tempat duduk dan lesehan yang bisa dipilih, juga ada mushola serta toilet. Lombok Idjo ini juga menjadi salah satu tempat makan berbagai kalangan, karena harganya yang terjangkau. Dan sering menjadi pilihan untuk berbagai macam acara. Tempat ini jadi salah satu tempat favorit buka puasa saya dengan teman komunitas 😀

Beberapa menu yang disediakan seperti ayam (bakar/goreng), ati ampela, lele, gurame, udang, nila, empal, sop iga, aneka tumis dan gorengan, dll. Harga menu makanan tersebut berkisar IDR 4.000 – 34.000. Dan untuk minuman ada es tipis, es soda sumringah, es kelon, es buah Lombok Idjo.

Lombok Idjo juga menerima pesanan nasi box untuk acara, atau yang ingin reservasi di sana buat acara pun bisa. Khusus yang makan di tempat, kita boleh tambah nasi dan sambal sesuka hati sampai kenyang 😀 Kurang nikmat apa coba…

Kebayang yah kenapa saya harus bawa teman buat habisin semua menu di atas, biar bisa icipin semuanya kurangin nasi perbanyak lauk pauk dong hehehe… Oh iya, sayur asemnya saya suka karena pas banget di lidah (jarang-jarang nih saya bilang sayur asem enak, karena kalau sayur asem saya suka pilih-pilih huhu…).

Cabang dan franchise Lombok Idjo :
Jalan Gajahmada No. 158, Semarang. Telp 024 3566222
Jalan Setiabudi No. 63, Semarang. Telp 024 76482222
Jalan Majapahit No. 412, Semarang. Telp 024 76410022
Jalan Laksda Adisucipto 22, Yogyakarta. Telp 0274 519603
Jalan Diponegoro 64, Yogyakarta. Telp 0274 512548
Jalan Toeparev No 93, Cirebon. Telp 0231 8300881
Jalan Karanganyar 21A, Tegal. Telp 0283 342330
Jalan Agil Kusumaja 48, Kudus. Telp 0291 438009
Jalan Pemuda 237A, Pati. Telp 0295 4101303
Jalan Gatot Subroto 145, Ungaran. Telp 024 76910303
Jalan Gajahmada 123, Solo. Telp 0271 7652111
Jalan Ronggowarsito 167, Solo. Telp 0271 7882111
Jalan Kalimantan 36, Madiun. Telp 0351 464999
Jalan Patiunus 16, Kediri. Telp 0354 673666

Yang di luar kota tapi penasaran dengan Lombok Idjo? coba intip daftar di atas, kali saja ada di kota kalian tanpa harus jauh-jauh ke Purwoketo. Jangan lupa juga follow @lombok_idjo_purwokerto untuk update info dan siapa tahu ada promo menarik yang bisa kalian ikuti 😉

Tunggu review makan enak saya selanjutnya ya…. 😀

.

Lombok Idjo Purwokerto
Jl. Gelora Indah II No.7, selatan GOR Satria Purwokerto
Telp : 0281 6512946

Laris Manisss…Siomay Pak Kikuk

siomay pak kikuk purwokerto

Berawal dari informasi seorang teman mengenai keberadaan siomay yang konon katanya selalu habis dalam tempo dua jam bahkan kurang. Saya pun akhirnya membulatkan tekad untuk ikut berburu siomay tersebut sore kemarin. Sebelumnya menjemput @IdaDwiyulia terlebih dahulu di rumahnya.

Siomay tersebut dibawa menggunakan sepeda motor yang di atasnya diberi payung. Tempat berjualannya berada di komplek perumahan Puri Hijau, Jalan KH Wahid Hasyim, Purwokerto Selatan. Kalau dari Taman Andang Pangrenan ke selatan sekitar 100 meter kiri jalan. Tadinya saya pikir jualannya di depan perum, ternyata masuk ke perumahannya. Setelah melewati pintu masuk Puri Hijau nanti di kanan kiri terdapat ruko, nah cari saja sepeda motor yang ada payungnya (biasanya di depan ruko sebelah kanan).

Sampai di sana waktu itu jam 16.30 wib, ada beberapa orang yang sedang menikmati siomay dan seorang ibu yang membeli untuk dibawa pulang. Dan benar saja, siomaynya memang tinggal separuh isi panci (padahal baru sekitar 30 menit berjualan). Dengan sabar menunggu sampai giliran kami. Oh iya, harga per siomay IDR 1000, per porsi isi lima IDR 5000.

siomay pak kikuk purwokerto

Sambil menyantap siomay tersebut, yang memang enak beneran >__< kami pun berbincang-bincang dengan penjual siomay yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Kikuk tersebut. Mengaku berasal dari Klaten dan beristrikan orang asli Purwokerto, sempat berjualan di Jakarta sebelum akhirnya berjualan dan tinggal di Perum Teluk – Purwokerto Selatan. 

siomay enak di purwokerto

Biasanya siomay Pak Kikuk mulai ‘mangkal’ di Puri Hijau sekitar jam 16.00 atau jam 16.30, paling lama habis dalam tempo dua jam (lebih sering sebelum dua jam siih). Sepertinya saya dan @IdaDwiyulia cukup beruntung bisa menikmati siomay tersebut  🙂  Hayoookk yang belum pernah nyobain silahkan berburu sebelum kehabisan, dijamin enakkkk… (^__^).

Warung Djoglo Banteran Purwokerto

warung djoglo banteran purwokerto

Lokasi rumah makan ini berada di tengah-tengah sawah. Tepatnya di Desa Banteran, Sumbang, Purwokerto, telepon 0281 5750265. Mungkin agak sulit untuk mencari lokasinya. Ancer-ancer paling mudah : perempatan UMP (Univ. Muhammadiyah Purwokerto) ambil arah utara, lurus saja sampai ketemu tugu (perempatan) lalu belok kiri, sekitar 300 meter kanan jalan.

warung djoglo banteran - water boom

Fasilitas yang tersedia : kolam renang mini water boom, arena bermain anak plus satwa, musola, koleksi benda unik (kuno), tempat lesehan di atas kolam, ruang makan dengan kursi-meja, dan ada juga alat musik lengkap (dipakai untuk mengisi jika ada acara). Menu yang disediakan adalah masakan tradisional seperti : oseng pakis, oseng pepaya, oseng kangkung, oseng lenca, oseng ceriwis, oseng dage (dengan harga per porsi IDR 10.000), ikan lembutan, uceng, ayam goreng, pete, gurameh, sambel + lalap, mendoan (harga berkisar IDR 7.500 –  16.000, khusus gurameh per ons IDR 10.000). Sedangkan minuman yang disediakan antara lain : teh manis, es jeruk,teh poci, soda gembira, soft drink, kopi jahe, wedang jahe, kopi hitam, wedang rempah (IDR 1.500 – 10.000).

warung djoglo banteran - koleksi benda antik

Suasana tradisional jawa sangat kental di Warung Djoglo, alunan musik tradisional dan bangunan tradisional juga benda-benda antik yang dipajang makin menambah betah untuk berlama-lama sambil ngobrol ngalor-ngidul. Berhubung di rumah sering juga memasak menu yang disediakan di sana jadi soal rasa menurut saya sih biasa hehe… (dalam artian enak).

Warung Djoglo bisa menjadi alternatif untuk makan sekaligus refreshing bareng keluarga, relasi, atau pasangan. Tempat ini juga disewakan untuk berbagai macam acara : gathering atau pernikahan.

Penasaran?? Monggo dicoba kesana….  🙂  jangan lupa ajak dan traktir saya 😉

.

.

Foto ‘pinjam’ dokumentasi keluarga

Rumah Kopi Obamb

Rumah Kopi Obamb Purwokerto

.

Berhubung saya penggemar kopi, kali ini jalan-jalan kulinernya akan mengupas cafe yang menawarkan minuman kopi sebagai menu utama yang ada di Purwokerto, salah satunya adalah Rumah Kopi Obamb. Alamatnya di jalan Brigjen Encung, ruko nomor 9, kalau dari SMA 1 atau SMA 2 lurus saja ke utara, setelah radio Paduka lurus saja nanti ada 2x pertigaan. Nah Rumah Kopi Obamb ambil saja pertigaan ke dua (yang belok kiri), sekiar 150 meter kanan jalan nanti ada ruko.

Pemilik cafe tersebut biasa dipanggil Opa Bambang (Obamb), sempat beberapa kali ngobrol dan mendengarkan ide pembuatan cafe ini. Fasalitas yang disediakan antara lain ; wifi, ruang sholat, LCD (biasa buat nobar atau presentasi), tempat duduk kursi dan ada pula yang lesehan. Di cafe ini juga tempat berkumpulnya komunitas fotografi Lensa Manual Purwokerto dan Purwokerto Android Community (PAC).

Menu pilihan : puluhan menu kopi dari berbagai daerah di nusantara (Lampung, Aceh, Gayo, Toraja, Flores, Bali, Mandailing, Luwak, dll). Untuk penyajian kopinya pun disini alatnya termasuk lengkap, seperti vietnam drip, coffee plunger / french press, moca pot, dan syphon. Untuk yang tidak terlalu suka dengan kopi, ada menu pilihan lain untuk minuman : coklat, juice, dan minuman tradisional juga ada. Selain itu di Rumah Kopi Obamb juga disediakan menu makanan ringan dan makanan berat. Untuk harganya pun terbilang relatif bisa dijangkau oleh dompet hehe….

Dari sekian banyak teman saya yang penggemar kopi, kalau ditanya pilihan cafe untuk minum kopi seringkali dijawab : Rumah Kopi Obamb. Nah buat yang penasaran dan ingin mencicipi kopi dari berbagai daerah di nusantara tidak ada salahnya mencoba ke cafe yang satu ini…. *jangan lupa ajak saya tentunya 😀