Pengalaman Menginap Di Lorong Homestay Yogyakarta

Yogyakarta selalu saja ada yang menarik, salah satunya dengan makin banyaknya penginapan model homestay yang jadi pilihan para pelancong yang berkunjung ke sana. Saya sendiri selalu dibuat heran, di sana pertumbuhan penginapan rumah yang homey sangat pesat tapi juga selalu ramai. Dan Lorong Homestay Yogyakarta menjadi salah satu yang bikin saya tertarik saat teman ngopi merekomendasikan tempat ini.

Alamat Lorong Homestay ini ada di Jl. Nitiprayan, Dusun Jeblok, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Meski nampaknya jauh, sebenarnya tidak juga kok, kalau mau ke Alun-Alun Kidul pun tidak butuh waktu lama dengan menggunakan Gojek atau Grab. Sampai lokasi, sisi depan Lorong Homestay ternyata sebuah galeri, namanya Galeri Lorong.

Saat sampai sana, ada beberapa tamu wisman di galeri. Saya disambut Mas Mukti aka Mas Thole dan langsung diantar ke sisi belakang bagian homestaynya. Sambil dijelasin kalau Lorong Homestay Kasihan terdiri dari dua bangunan. Bangunan pertama (Omah Ngarep) terdapat dua kamar, sedangkan bangunan kedua (Omah Mburi) ada empat kamar. Uniknya tiap kamar dinamai dengan tokoh wayang.

Masing – masing bangunan memiliki dapur mini, dan ruang bersama yang bisa digunakan untuk berdiskusi atau bertukar cerita. Dan setiap kamarnya memiliki kamar mandi dalam lengkap dengan air hangat. Meski tidak ada AC, bangunan homestay ventilasinya dirancang sedemikian rupa sehingga tetap ‘adem’. Apalagi sekitar bangunan banyak sekali pepohonan yang memang menambah makin asri lingkungan homestay.

Saya sih langsung suka dengan penginapan ini, dan rasanya tangan refleks buat jepret sana-sini. Yah daripada gabut menunggu Devi datang dari Semarang.

Oh iya, saya menempati Omah Mburi lantai satu, yang paling saya sukai karena langsung menghadap halaman penuh dengan pohon hahaha… Adem saja lihatnya, selain itu ventilasinya yang tinggi dan banyak, membuat udara yang masuk ke dalam penginapan sangat lancar.

Saat menginap di Lorong Homestay ini tamu boleh pakai peralatan di dapur. Jadi bisa buat menghemat juga kalau harus tinggal lama di Yogyakarta. Selain itu tempatnya sangat nyaman, cocok banget buat liburan berkualitas, atau bekerja yang butuh suasana tenang.

Kalau ada kekurangan, mungkin hanya soal tidak ada sarapan. Soalnya kalau sudah staycation, paginya suka males keluar cuma buat sarapan. Meski ada dapur dan bisa pesan online, tapi tetep saja itu bikin repot. Tapi, kata Mas Thole ke depannya bakal ada kok sarapan di Lorong Homestay. Kabar bagus nih… semoga beneran bisa cepat ada sarapannya.

Bagi saya, menginap di Lorong Homestay itu malah bikin banyak ide menulis mengalir. Saya memang bawa laptop dan selama di sana berhasil membuat dua tulisan hehe lumayaaann… Ruang kamarnya juga meski sederhana, tapi nyaman buat tidur. Bikin males beranjak saat pagi.

Lorong Homestay bisa jadi pilihan menarik buat kalian yang bosan dengan menginap di hotel. Di sini kalian bisa juga sekalian melihat Galeri Lorong, jadwal galeri bisa ditanyakan terlebih dahulu ke admin. Untuk tarif menginap di Lorong Homestay bisa dilihat di Airbnb.co.id atau Booking.com.

 

Lorong Homestay Yogyakarta
Alamat : Jl. Nitiprayan, Dusun Jeblok, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. 
Web : loronghomestay.com
Telp : 081329239869 (Mas Thole)
IG : @loronghomestay

Iklan