Curug Telu (Tiga) Karang Salam – Baturraden

Curug Telu atau Air Terjun Tiga ini memang masih terdengar asing. Sebenarnya keinginan untuk kesini sudah agak lama, hanya saja baru terlaksana. Terletak di Desa Karang Salam, Kecamatan Baturraden. Kebetulan ke curug sudah siang selepas dhuhur, tapi karena di daerah sekitar Baturraden jadi lumayan adem.

menuju desa karang salam

menuju desa karang salam

Untuk menuju lokasi sempat kebablasan sampai di Hotel Queen Garden Baturraden (itu lho jalan / gang sebelum hotel), akhirnya balik ke bawah lagi. Ancer-ancernya kalau dari kota Purwokerto adalah lurus saja ke utara menuju arah Baturraden, nanti sebelum gerbang Mandala Wisata Baturraden nanti ada jalan ke kanan (ambil jalan itu). Nanti ikuti saja jalannya sampai ada petunjuk arah ke Sumbang (pertigaan belok kanan), lurus lagi ikuti jalan sampai nanti nemuin petunjuk jalan lagi (pertigaan) ambil ke kiri yang menuju Desa Karang Salam (ada gapura Selamat Datang Desa Karang Salam, sama peta wisata pokoknya). Masih ikuti jalan dari gapura, kalau nanti ada pertigaan ambil saja yang lurus ke utara sampai melewati persawahan. Ada dua jalan : gang kecil di kanan jalan setelah rumah peternakan ayam, dan di gang yang ada tiga rumah (seperti foto di bawah).

jalan menuju curug tiga

jalan menuju curug tiga

Ikuti saja jalan sampai mentok nanti ketemu sama tempat agak luas buat parkir motor (mobil juga bisa), di sana ada ‘gubug’ milik petani dan satu terbuat dari rangka atap baja yang bisa buat istirahat. Tanya saja sama orang yang ada di sawah pasti kasih tahu, kemarin malah dianterin sampai lokasinya. Dari tempat parkir kita turun ke bawah melewati sawah dan ladang. Nanti kalau menemui tempat istirahat yang terbuat dari rangka atap baja dan ada jembatan yang di bawahnya airnya jernih dan dalam, berarti sudah dekat.

jembatan menuju curug telu

jembatan menuju curug telu

Setelah jembatan, nanti ada anak tangga yang menurun langsung menuju curug  πŸ™‚ . Di dekat curug ada juga tempat untuk istirahat atau berteduh jika hujan. Sayang karena jarangnya orang kesini, anak tangganya lumayan licin. Padahal viewnya bagus banget dan suasananya benar-benar sejuk, tenang, juga bikin betah berlama-lama.

Curug Telu, jelas dong curugnya ada tiga. Yang paling gede (besar) itu yang biasanya buat mandi atau renang. sedang dua curug lainnya tidak terlalu besar dan lebih enak dipandang hehe… Warga setempat seringnya memancing di bawah (aliran sungainya).

curug telu - kereeen khan...

curug telu – kereeen khan…

curug telu, karang salam, baturraden

curug telu, karang salam, baturraden

sebelah tangga itu curug lainnya... :)

sebelah tangga itu curug lainnya… πŸ™‚

Tidak rugi rasanya kalau kesana. Masih gratis dan tidak perlu bayar parkir. Perjalanan dari tempat parkir sekitar lima belas menit saja. Bisa bebas mandi dan berenang atau memancing. Berhubung tidak ada yang jualan, disarankan bawa jajanan sendiri dari rumah ya… Oh iya, kemarin sewaktu kesana agak kesal sendiri soalnya hanya bawa HP dan baru sadar hasilnya banyak yang ngeblur karena pas mengambilnya tangan (lagi) gemeteran terus 😐 *nanti deh kalau kesana lagi fotonya diganti yang lebih jelas lagi πŸ˜€

.

NB :

Thanks buat Isty Juja Uteng yang sudah mau jadi model dadakan dan diajak blusukan πŸ˜€

Iklan

15 thoughts on “Curug Telu (Tiga) Karang Salam – Baturraden

  1. Ping-balik: Curug Ceheng Sumbang | olipeoile

  2. Hai … Salam Kenal dan salam Hangat dari Ku

    Ngomong2 tau lokasi ini dari mana…………………… dan Anda sendiri orang mana?

    • Salam kenal juga Ki Djoko….

      Teman2 di komunitas BPI Purwokerto / FKSPL pernah ke sini, di bbrp titik jalan di Kr.Salam juga ad peta keberadaan curug kok kl kita mau jeli… πŸ™‚

  3. Ping-balik: Perjalanan Ekstrim Menuju 5 Air Terjun di Banyumas

  4. saya mau tanya kalo ketempat curug telu serem gak ? truss ada alat transportasinya buat kesana seperti kendaraan umum makasih

    • Halo Lutfi…
      Serem gimana maksudnya? hehe…ndak kok, sekarang sudah banyak juga fasilitas dan beberapa pedagang.
      Kalau dari terminal naik angkutan kota warna hijau (jurusan Baturraden) turun di Gerbang Mandala Wisata Baturraden, cuman kalau langsung ke pintu gerbang/lokasinya kamu harus lanjut dengan ojek. Ojeknya sekitar 10rb… Bilang saja ke Curug Telu Karang Salam.

      Trims sudah berkunjung kesini…

  5. Wahh dulu waktu masih SD sering keluyuran ke curug2 disana menyelusuri sungai pelus… sayangnya tak bisa diabadikan karena belum ada gagdet secanggih sekarang 😁 .

  6. jujur aja, sebgi orng Purwokerto agak kuper rasanya ktk baru tau ada curug sekeren ini..

    mngkin sbnarnya udh bnyk yg tau y, cm blm dipublikasikan luar sbg tmpt wisata unggulan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s