Pondok Kopi Umbul Sidomukti Ungaran, Rasa Tak Sebanding Dengan….

Pondok Kopi Umbul Sidomukti Ungaran

Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Sepertinya peribahasa ini tepat sekali buat saya sendiri. Kemarin sewaktu naik ke Gunung Ungaran dan camping di Basecamp Mawar, secara tidak sengaja ‘harus’ ke Pondok Kopi yang letaknya di bawah BC Mawar. Sebenarnya sedikit ‘menyalahi’ aturan naik gunung, karena kemarin kehabisan air mineral dan dikarenakan kondisi darurat sudah terlalu lapar akhirnya beli air mineral dan sekalian makan malam di Pondok Kopi Umbul Sidomukti (USM).

Masih satu manajemen (sepertinya) dengan pengelolaan tempat wisata Umbul Sidomukti. Lokasi Pondok Kopi USM berada sekitar 1KM di atas lokasi wisata USM. Tempat duduk terbagi menjadi tiga ; di dalam ruangan, di teras, dan di halaman samping juga bawah Pondok Kopi. Buka selama 24 jam. Di bawah Pondok Kopi terdapat villa (tentunya masih satu manajemen) yang hanya menyediakan beberapa saja. Sayang tidak berkesempatan menanyakan berapa sewa villanya.

Menu minuman yang disediakan antara lain : kopi (hot / cold), teh, susu, juice, minuman tradisional (bajigur, skoteng, bandrek, wedang jahe), minuman spesial Pondok Kopi (coklat panas, kopi jahe, teh poci, kopi susu). Sedangkan menu makanan antara lain : roti bakar, pisang bakar, nugget, kentang, sosis, singkong, tape, nasi goreng, bakmi goreng, bakmi jawa kuah, dan menu paket nasi. Untuk harga berkisar IDR 3000 sampai IDR 35.000.

Seperti biasa rasa penasaran dengan yang ‘berbau’ spesial,  berhubung suka kopi dan coklat maka dua minuman itulah yang saya pesan dari daftar pilihan menu minuman spesial Pondok Kopi. Menurut waitresnya sih kopinya berasal dari kebun kopi lokal yang sempat saya lewati tadi siang sewaktu naik ke Gunung Ungaran. Sudah membayangkan kopi hitam dengan rasa nikmat.

Meskipun udara sangat dingin karena tidak memakai jaket, menunggu pesanan sembari menikmati pemandangan bukit bintang yang menakjubkan dari tempat duduk di halaman bawah. Pesanan datang : kopi, coklat, dan nasi goreng. Dan begitu mencoba, jujur kecewa… Antara iming-iming dari buku menu (yang katanya minuman spesial), penjelasan waitres, dan rasa ternyata berbeda jauh. Minuman coklat panasnya sepertinya dari susu coklat merk M, dan kopi yang saya pesan berasa sekali dengan kopi merk K. Lalu, mana yang spesial?? (-__-“)

Ah, sayang beribu sayang… Tempat sudah sangat oke, didukung dengan sejuknya pegunungan, dan view pemandangan yang benar-benar memikat tapi menu spesial yang dibuat ternyata bermodalkan bahan instan. Yah, mencoba positif thinking barangkali Pondok Kopi memang hanya ingin menjual suasana (sedangkan menu hanya sebagai pelengkap) dan memang targetnya para mahasiswa yang berada di wilayah Semarang (??). Pas saya tanyakan ke waitres, menu kopi cappuccino dan vanilla latte pun sama memakai kopi instan 😦

Mengingat lokasinya yang agak jauh dari Semarang, sepertinya gaungnya Pondok Kopi lumayan. Meskipun malam makin larut banyak mahasiswa dari Semarang mau jauh-jauh datang ke tempat gaulnya anak Semarang itu hehe… Entah sekedar minum atau makan sekalian. Bahkan yang duduk di belakang saya adalah para bapak-bapak yang membicarakan bisnisnya.

So, alangkah baiknya paket tersebut dilengkapi paket spesial beneran. Misalnya dengan menggunakan mesin kopi (dan kopi asli), cokatnya menggunakan coklat bubuk atau batangan yang diolah menjadi minuman yang spesial. Bagaimana dengan nasi gorengnya? Lumayanlah… 🙂

(beberapa foto yang sempat diambil) :

Pondok Kopi Umbul Sidomukti Bandungan

Pondok Kopi Umbul Sidomukti Bandungan

Pondok Kopi Umbul Sidomukti Bandungan

Pondok Kopi Umbul Sidomukti Bandungan

Pondok Kopi Umbul Sidomukti Bandungan

Pondok Kopi Umbul Sidomukti Bandungan

.

Keterangan :

  • Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Telp : 024 70128686 (nomor kantor masih satu dengan lokasi wisata).
  • Tempat asik buat liat pemandangan, bukit bintang kalau malam hari, romantis 🙂
  • Pas buat anak muda, relasi bisnis, keluarga pun oke.
Iklan

39 thoughts on “Pondok Kopi Umbul Sidomukti Ungaran, Rasa Tak Sebanding Dengan….

    • Mungkin saya wktu itu yg kurang beruntung Mas 🙂
      Waitersnya ditanya jawabnya pke kopi instan -,- tapi kalaupun pke kopi yg di perkebunan Promasan milik Banaran, yg saya tahu memang kopinya kurang nendang rasanya hehe *imho

      Salam kenal penikmat kopi 🙂

  1. Sama…
    Saya juga kecewa dengan menu & waiternya……
    Untung pemandangannya bagus & hawanya saya suka bgt…….

  2. itu sudah tahun lalu, cobalah liburan kesana lagi gan Anda pasti terkejut. Disana sudah banyak berubah ada sedikit bocoran dr saya gan, klo Anda ksana coba order espresso ato cappuccino. recommended bgt buat pecinta kopi, klo gk begitu suka pahit bisa coba latte redvelved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s